Senin, 23 Mei 2016

Yuk, budayakan membaca..!

“Hidup tanpa buku seperti ruang gelap tak berlampu”

Bagi seorang yang suka membaca, buku adalah hal yang penting. Saya yakin setiap orang pada suatu waktu tertentu pasti diharuskan untuk membaca. Walaupun sekarang sudah banyak informasi yang bisa kita dapatkan lewat dunia digital tapi bagi saya, buku memiliki daya tarik tersendiri.
Saya adalah tipe orang yang suka membaca, terkadang saya bisa habiskan waktu di toko buku hanya untuk melihat-lihat dan  membaca resensi tanpa membeli, karena saya tidak bisa hanya diam pada satu buku dan kalau harus beli budgetnya terbatas.

Akhirnya saya mencoba mencari perpustakaan terdekat, karena saya baru tinggal di Bandung. Dan ternyata, tidak jauh dari komplek rumah ada perpustakaan daerah Jawa Barat tepatnya di Jl. Kawaluyaan Indah II No.4 , kalau dari perempatan Kiara Condong belok ke kiri ke arah Disnakertrans jabar lurus terus, setelah McD (McD di kanan jalan) ada gang masuk, belok ke kiri, kemudian ada jalan bercabang pilih yang ke kiri, akan terlihat gedung tinggi bertuliskan BAPUSIPDA (Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah), disitulah perpus jabar berada. Saya pikir perpus daerah selalu identik dengan gedung kuno, sepi, suram tapi yang ini beda. Interiornya ceria, kursi warna-warni, dinding putih, rak buku rapi , cukup ramai (karena saya kesana hari sabtu entah kalau hari biasa) namun ada satu yang kurang, toiletnya kurang bersih. Ternyata gedung ini adalah gedung baru, gedung lama berada di Jl Soekarno Hatta.

Gedung ini terdiri dari 4 lantai, di lantai pertama terdapat lobby, ruang baca anak, ruang loker, mushola dan toilet dan ruang display. Di lantai 2 terdapat ruang baca dewasa, di lantai 3 terdapat ruang referensi, ruang baca remaja dan ruang administrasi, sedangkan lantai 4 adalah Aula dan ruang tunggu VIP. Setiap masuk ke ruang baca terdapat komputer atau buku untuk daftar kunjungan. Untuk member dapat membaca di tempat ataupun meminjam buku (maksimal 3 buku) sedangkan non member hanya bisa membaca di tempat. Saya ingin membuat member card sebenarnya tapi karena untuk KTP yang domisilinya bukan jawa barat harus menggunakan surat keterangan domisili RT/RW.
(ada perubahan ruang dari yang tertera pada papan informasi, ruang baca remaja berada di lantai 3 sedangkan pada papan berada pada lantai 2)
Saya mencoba masuk ke Ruang Baca Anak karena dari di luar desainnya menarik, dindingnya bergambar, terdapat taman bermain kecil dan beberapa tempat duduk untuk membaca. Karena sebagian besar pembaca adalah anak-anak jadilah disini ramai sekali dan bukunya sedikit kumal..hehe. Ada majalah bobo, Donal bebek, cerita-cerita nabi...sukaaaa. Asik lho mengajak anak/adik kesini untuk menumbuhkan minat baca anak.

Beranjak ke lantai 2 terdapat ruang baca dewasa, terbagi menjadi ruang baca dewasa 1 dan ruang baca dewasa 2. Ruang baca dewasa 1 berisi buku-buku kuliah bertema sosial seperti agama, filsafat, ekonomi dll sedangkan ruang baca dewasa 2 berisi buku-buku seperti ilmu kedokteran, ilmu teknik, pertanian, teknik kimia, pabrik-pabrik dll. Kebanyakan yang membaca disini adalah mahasiswa. Saya tidak terlalu betah di ruang baca dewasa ini..hehe.

Kemudian saya mencoba ke ruang referensi dan ruang baca remaja di lantai 3. Di ruang referensi suasananya lebih tenang, hanya terlihat beberapa mahasiswa yang sedang diskusi kecil dan orang yang sedang membaca. Di ruang referensi ini, terdapat buku-buku referensi berbagai macam bidang seperti hukum, filsafat, farmasi, kedokteran, TOEFL, CPNS, traveling (seperti london dalam sehari, top 10 Amsterdam, Seoul Selection Guide), ATLAS, dan berbagai ensiklopedia (seperti ensiklopedia jakarta, oxford ensiklopedia, ensiklopedia tanaman obat Indonesia, ensiklopedia sepak bola, the true life of habibie dll). Juga terdapat majalah dan koran seperti majalah SWA, Globe Asia, Majalah Seri UKM, Rumah, Wirausaha, dll. 

Kemudian saya mencoba masuk ke ruang baca terakhir yaitu ruang baca remaja. Disini kebanyakan pembaca adalah remaja dan anak anak usia kelas 6 sd. Lumayan ramai, ada beberapa yang duduk dibawah dekat rak buku membuat tidak leluasa ketika memilih buku. Namun buku-buku disini cukup menarik, terdapat buku pelajaran (matematika, IPA, Ebtanas), Novel , Buku Tips, Majalah Hijab (Stylish with simple hijab, hijabers fashion guide, seri tutorial fashion muslimah etc), buku generasi 90-an, Komik (slam dunk, tokyo juliet, dll), Fiksi Inggris ( Jungle Child, confession of shopaholic, Sherlock holmes dll) , fiksi Amerika (Chronicles of Narnia, this is America dll), Seni kerajinan tangan, seni musik dll. Overall I love it.
Dari sekian ruang baca, favorit saya adalah ruang referensi , ruang baca remaja dan ruang baca anak. Untuk yang berdomisili di Bandung dan suka membaca, tempat ini recommended untuk menambah wawasan ataupun mengisi liburan jika kamu tidak ingin bermacet-macetan di jalan. Yuk budayakan membaca...
Yes, we love reading !
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar