Rabu, 10 Februari 2016

Having Fun with Clay !!

Kreatifitas merupakan salah satu cara untuk mengembangkan ide-ide baru (thinking new thing). Salah satu kreatifitas yang menarik perhatian saya adalah clay. Clay sendiri sebenarnya memiliki arti tanah liat, namun sekarang sudah banyak clay berbahan sintesis seperti sculpey III, premo sculpey , fimo dll (bahan import).Namun sayangnya harga bahan tersebut menurut saya sangat mahal sehingga sekarang banyak yang menggunakan tepung sebagai bahan Clay. Sabtu kemarin saya memiliki kesempatan untuk belajar membuat Flour Clay bersama Ibu Joyce, owner Rumah Kreativitas JoyArt. Sebenarnya sudah banyak artikel yang mengulas resep mengenai clay tepung untuk dibuat sendiri di rumah namun rasanya sayang  jika saya melewatkan kesempatan ini, mumpung lagi pulang Semarang. Lets Have Fun with Flour Clay !!
Ngga berantakan ya ngga belajar^
Clay Tepung ini dibuat menggunakan campuran 3 jenis tepung, yaitu tepung maizena, tepung beras dan tepung kanji. Untuk mencegah tumbuhnya jamur ditambahkan bahan pengawet seperti Na Benzoat. Juga ditambahkan lem putih untuk membentuk adonan maupun mengeraskan clay. Kerugian dari clay ini adalah dapat berjamur jika pengeringan tidak sempurna namun jangan khawatir jika teknik yang digunakan benar, clay ini tidak akan berjamur dan menghasilkan tampilan yang tidak kalah bagus dengan clay berbahan import. Untuk pewarnaan  bisa menggunakan pewarna makanan, cat air, cat poster, cat akrilik dan cat minyak. Namun masing-masing cat memiliki keunggulan dan kerugian masing-masing. Sebagai contoh, jika menggunakan cat air. Cat air adalah cat yang larut air, sehingga apabila clay terkena air akan mudah luntur. Namun hal ini dapat diatasi dengan di lapisi dengan pilox transparan/ cat kuku bening. Alat yang digunakan untuk pembuatan clay pun banyak macamnya dan banyak dijual di toko craft, namun kami hanya menggunakan alat-alat seadanya sebagai contoh untuk membuat bunga-bunga atau bentuk bentuk lucu 2 dimensi menggunakan cookies cutter yang harganya lebih murah, atau membuat motif rok menggunakan batang cotton bud. Banyak trik yang dapat digunakan, jadi jangan khawatir..hehe.  Pengeringan clay ini hanya diangin-anginkan saja sehingga membutuhkan waktu yang agak lama dan sangat tergantung suhu udara. Harus sabar karena dibuat per part, bagian bawah clay harus kering terlebih dahulu sebelum ditambahkan bagian lain agar bisa menopang badan clay dengan baik.

Overall, I Looveee it..!!
Here are some photos


(Baby monkey^)


(Donal duck^ mirip kan)


(Girl, baby, harimau)
Girl nya gendut yaa..hehe. Itu karena cuaca pada saat pembuatannya sedang hujan deras sehingga bagian bawah clay belum kering sudah ditumpuk bagian atas sehingga clay cenderung turun. 

(Boy^) 
Yuk, buat claymu sendiri..!!
Thanks for visiting Lifedia^^

This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar