Kamis, 21 Januari 2016

Yuk,,belajar Minitab!

Selamat Malam...
Howdy everyone? 
Today, I wanna share about SPC (Statistical Control Process) using Minitab. Lagi mood nulis, eh ini yang terbesit dalam pikiran,  Jadi inget, waktu itu saya sedang ada project untuk membuat grafik untuk dokumen monitoring Sistem Manajemen Mutu, setelah Tanya sana sini, googling sana sini, nyobain praktek langsung tapi tak kunjung bisa (sayanya aja yang lemot..hehe) dan akhirnya saya give up hanya pakai excel karena sudah mendekati deadline . Sampai akhirnya saya move ke tempat kerja baru, di tempat kerja saya yang baru sering menggunakan Minitab, jadi saya bisa belajar..uyeee..Rasanya sayang kalau ilmu itu mengendap begitu saja.

Okey.. Lets go to the topic!!
Secara umum, Statistical Control Process adalah menerapkan teknik statistic untuk mengukur dan menganalisa variasi selama proses berlangsung misalnya untuk memonitoring bobot tablet apa masih berada pada rentang spesifikasi yang ditetapkan, membuat histogram, mengukur kapabilitas suatu proses produksi dll.

Disini saya mencontohkan pembuatan grafik control chart, process capability dan Histogram bobot tablet. 
Langkah membuat Control Chart
      1.  Masukkan data pada pada kolom minitab meliputi data pengukuran actual, batas       minimum (LCL=Lower Control Limit) dan batas maksimal (UCL= Upper Control Limit)


     2.       Pilih menu Stat – Time Series – Time Series Plot – Multiple – OK, kemudian select bobot           tablet, Min dan Max, seperti pada gambar di bawah ini :



      3.Lalu klik OK, Jadii deh grafiknya.. tinggal ganti nama index dengan nama yang kita inginkan.

  
      Note : Grafik ini menunjukkan bahwa bobot tablet berada pada rentang spesifikasi bobot                     yang dipersyaratkan (terlihat grafik bobot berada diantara UCL dan LCL)

Langkah Membuat Grafik Process capability
Masih menggunakan data yang tadi yaa, tinggal dilanjutkan aja..
      1.       Pilih menu Stat – Quality Tools- Capability Analysis – Normal
      2.       Select bobot tablet → untuk single column, subgroup size (saya pakai 10)), Lower Spec             untuk batas minimum dan Upper Spec untuk batas maksimal.


      3.    Kemudian Klik OK, taraa..jadi deh

        
     Note : Cpk merupakan index yang menunjukkan seberapa baik suatu proses memenuhi spesifikasi limit. Biasanya saya pakai nilai Cpk  >1 untuk menunjukkan seberapa baik proses, semakin besar semakin bagus. Apabila nilai Cpk  <1, kita dapat memodifikasi proses atau merubah spesifikasi untuk mendapatkan nilai Cpk >1.

Langkah Membuat Histogram
      1.   Pilih Graph – Histogram – Simple – Select bobot tabletnya 


      2.      Kemudian Klik OK, tingal edit nama sumbu x dan y nya ajaa



     Mudah kan...
    Untuk membaca teorinya teman-teman bisa  googling, banyak kok artitel terkait SPC..
    Semoga bermanfaat.. 

    "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah" (-Pramoedya Ananta Toer-)
































2 komentar: