Kamis, 11 Februari 2016

"Sambal Mangga, Yummiii...!!"

Karena saya adalah javanese-pure blooded alias berdarah jawa asli saya sangat suka sekali makanan yang memiliki cita rasa asam dan pedas. Acid and spicy taste are my favorite. Makanan yang selalu membuat  saya ingin nambah dan nambah lagi salah satunya adalah sambal mangga. Selain rasanya yang nikmat, makanan pelengkap ini juga kaya akan vitamin lho. Buah mangga mengandung vitamin A, B1, B2, dan C. Selain itu, mangga juga mengandung flavonoid seperti quercetin, astagalin, dan asam galat  yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.
Namun, sejak saya pindah ke Bandung, saya belum menemukan tempat makan yang menyajikan sambal mangga yang cocok dengan lidah saya. Kalau dulu waktu disemarang seringnya kalau pengen sambal tinggal ke SS (Super Sambal) aja. Memang sih di Bandung juga ada tapi ngga tau tempat nya dimana, jarang liat juga.
So, saya kepikiran untuk membuat sambal mangga sendiri, dan ternyata sangat sangat sangat mudah sekali.
Buat yang pengen bikin juga, Here is the recipe...!!
Bahan :
-  Mangga muda     (tergantung selera, biasanya sih saya pakai 1 buah yang kecil)
-  Cabe merah       (secukupnya)
-  Cabe rawit         (secukupnya)
-  Garam              (secukupnya)
-  Gula merah        (secukupnya)
-  Terasi bakar       (dikit aja, paling seujung sendok teh)
Cara membuat :
1. Potong mangga muda seperti batang korek api
2. Uleg cabe merah, cabe rawit, garam dan gula merah sampai merata. Kemudian masukkan terasi bakar dan uleg kembali.
3. Campurkan sambal/ bumbu yang telah dihaluskan dengan potongan mangga
4. Sambal mangga siap disajikan.
Harusnya pakai mangga muda sih tapi mangga dirumah udah matang..hehe. But it tasty.
Now, sambal mangga is ready to serve!! Yummy...:-D
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar